5KOduV5cVO2xAgB03VPbXbK6EtDbqijKRJxfXFty

Penjelasan Singkat Kronologi Perlawanan Rakyat di Bali

Penjelasan Singkat Kronologi Perlawanan Rakyat di Bali
Bali adalah sebuah pulau di Indonesia yang dikenal banyak orang karena memiliki pegunungan berapi yang cantik nan masih asri, terasering sawah yang unik, pantai, dan pemandangan bawah laut terumbu karang yang sangat keren.

Dibalik keindahan Pulau Bali, ada sejarah histori yang wajib anda ketahii, yaitu sejarah terjadinya perlawanan rakyak Bali disaat sebelum kemerdekaan dan setelah kemerdekaan, tepatnya saat agresi militer belanda berlangsung.

Secara singkat kronologi perlawanan rakyat di bali terjadi dalam 2 periode, yang pertama sebelum kemerdekaan dan yang kedua setelah kemerdekaan saat agresi militer belanda berlangsung.

Perlawanan rakyat Bali sebelum kemerdekaan dipimpin oleh I Gusti Ketut Jelantik dan pengikutnya, perlawanan ini dilakukan disebabkan kolonial belanda melanggar hukum tawan karang yang sebelumnya telah ditetapkan oleh raja-raja yang ada di Bali.

Sedangkan perlawanan rakyat Bali setelah kemerdekaan dipimpin oleh I Gusti Ngurah Rai dan pasukanya secara bergrilya mengusir pasukan belanda yang berniat untuk menguasi bangsa indonesia kembali.

Dari kedua perlawanan rakyat Bali sebelum kemerdekaan dan setelah kemerdekaan mimiliki kesamaan, yaitu sama-sama menerapkan semangat pupuan atau bisa diartikan peperangan hingga mati atau habis-habisan.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar