5KOduV5cVO2xAgB03VPbXbK6EtDbqijKRJxfXFty

Sebutkan Gas Pemicu Terjadinya Pemanasan Global

Sebutkan Gas Pemicu Terjadinya Pemanasan Global
Pemanasan global atau dalam istilah bahasa Inggris disebut sebagai global warming adalah kondisi yang terjadi akibat peningkatan suhu rata-rata baik atmosfer, daratan maupun lautan di Bumi.

Pemanasan global disebabkan oleh banyak hal terutama adanya gas-gas berbahaya yang dihasilkan dari aktivitas manusia seperti kendaraan bermotor, aktivitas industri, dan pengembangan teknologi yang melibatkan gas-gas berbahaya.

Pemanasan global merupakan salah satu isu global yang menyebabkan terjadinya perubahan pada iklim baik di Indonesia maupun di dunia.

Pemanasan global tidak hanya berdampak pada iklim tetapi berpengaruh pada kondisi alam pada umumnya. Terdapat empat gas pemicu terjadinya pemanasan global, yaitu:
  1. Karbon dioksida (CO₂). Meningkatnya karbon dioksida di atmosfer, sebagai dampak dari efek rumah kaca yang digunakan manusia dalam usaha membudidayakan tanaman, menyebabkan sinar matahari terjebak pada permukaan bumi sehingga meningkatkan temperatur Bumi.
  2. Nitrogen oksida (NO₂). Nitrogen dioksida merupakan bahan sintesis untuk pembuatan asam nitrit yang produksinya sangat diminati sehingga meningkat setiap tahunnya. Gas ini merupakan salah satu bahan pencemar udara.
  3. Gas Metana. Metana merupakan gas yang dimanfaatkan sebagai bahan pengganti bahan bakar fosil yang menjadi salah gas yang berperan dalam kerusakan lingkungan.
  4. Klorofluorokarbon (CFC). Klorofluorokarbon (CFC) merupakan bahan yang banyak digunakan pada industri antara lain sebagai refrigeran, propelan, dan pelarut.
  5. Belerang dioksida (SO₂). Belerang dioksida merupakan senyawa kimia yang dihasilkan dari pembakaran batu bara dan minyak bumi yang banyak digunakan sebagai bahan bakar industri dan kendaraan bermotor.
Bagaimana apakah penjelasan pembahasan Gas gas Pemicu Terjadinya Pemanasan Global ini membantu kamu dalam menyelesaikan tugas? jika iya jangan lupa bagikan ke media sosial kamu ya.. terimakasih.

Penyebab pemanasan global. proses terjadinya pemanasan global. klasifikasi pernyataan penyebab pemanasan global. sebutkan perilaku manusia yang merupakan penyebab pemanasan global.

Klasifikasi penyebab pemanasan global. mengapa pemanasan global dapat menyebabkan kepunahan spesies. dampak pemanasan global. gas penyumbang pemanasan global urutan kedua setelah karbondioksida adalah.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar