5KOduV5cVO2xAgB03VPbXbK6EtDbqijKRJxfXFty

Pokok pembicaraan atau sesuatu yang menjadi landasan penulisan suatu karangan disebut?

Pokok pembicaraan atau sesuatu yang menjadi landasan penulisan suatu karangan disebut topik.

Topik adalah inti utama dari seluruh isi tulisan yang hendak disampaikan atau lebih dikenal dengan topik pembicaraan. Topik adalah hal yang pertama kali ditentukan ketika penulis akan membuat tulisan. Topik yang masih awal tersebut, selanjutnya dikembangkan dengan membuat cakupan yang lebih sempit atau lebih luas.

Topik berasal dari bahasa Yunani"Topoi" yang berarti tempat dalam tulis menulis berarti pokok pembicaraan atau sesuatu yang menjadi landasan penulisan suatu partikel.

Topik juga disebut pokok bahasan yang dapat menghantarkan seorang penulis untuk menghasilkan sebuah tema dari penelitian yang dilakukan.

Kriteria untuk sebuah topik yang dikatakan baik, diantaranya adalah topik tersebut harus mencakup keseluruhan isi tulisan, yaitu mampu menjawab pertanyaan atas masalah apa yang hendak ditulis.

Berikut adalah ciri-ciri topik:
  1. Topik harus menarik perhatian pembaca, sehingga mampu menimbulkan rasa keingintahuan pembaca.
  2. Mencakup keseluruhan isi cerita atau tidak boleh menyimpang
  3. Harus sesuatu yang nyata atau tidak boleh abstrak
  4. Tidak mengambil bentuk kalimat atau frasa yang panjang, tetapi berbentuk kata yang singkat

Berikut adalah manfaat adanya topik:
  1. Dapat memahami secara langsung gagasan dalam isi karangan.
  2. Dapat memahami keseluruhan maksud dalam isi karangan.
  3. Dapat mengetahui informasi penting.

Berikut adalah unsur-unsur yang harus diperhatikan dalam memilih topik: Pelaku topik, Dasar-dasar topik, Objek topik, Tujuan topik, dan Manfaat topik.

Postingan tentang Pokok pembicaraan atau sesuatu yang menjadi landasan penulisan suatu karangan disebut? adalah pertanyaan yang sudah dijawab dengan jawaban terverifikasi ahli.

Jawaban terverikasi ahli dari pertanyaan Pokok pembicaraan atau sesuatu yang menjadi landasan penulisan suatu karangan disebut? adalah jawaban yang melalui proses moderasi oleh seorang ahli dibidangnya.

Moderasi editor melakukan proses pengkajian dari jutaan jawaban pertanyaan Pokok pembicaraan atau sesuatu yang menjadi landasan penulisan suatu karangan disebut? kemudian dipilih yang paling relevan.

umamz.com memberikan jawaban dari pertanyaan Pokok pembicaraan atau sesuatu yang menjadi landasan penulisan suatu karangan disebut? dengan tujuan sebagai situs alternatif brainly.co.id
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar