5KOduV5cVO2xAgB03VPbXbK6EtDbqijKRJxfXFty

Sebutkan Manfaat Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari

Harap diingat gaes, umamz.com adalah situs altenatif brainly, sebagai situs untuk menemukan jawaban dari berbagai soal dengan jawaban 100% benar.

Seperti sekarang, saya akan membantu kamu menemukan jawaban dari soal "Sebutkan Manfaat Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari" disertai dengan penjelasan lengkap.

Kalau sampai jawaban yang saya berikan dari soal "Sebutkan Manfaat Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari" ini salah, maka kamu bisa langsung beri masukan aja lewat kolom komentar.

Berikut jawaban dari soal Sebutkan Manfaat Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari.

Magnet adalah sebuah benda yang mampu untuk menarik sebuah benda lain di sekitarnya yang memiliki sifat khusus. Magnet mempunyai dua kutub, yakni kutub utara dan kutub selatan.

Apabila kutub magnet yang sejenis didekatkan satu sama lain, kedua kutub akan saling tolak menolak dan sebaliknya, kutub yang berlainan akan saling tarik-menarik.

Lalu apa manfaat magnet dalam kehidupan sehari-hari?

Berikut manfaat magnet dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Magnet bermanfaat untuk menarik / mengambil benda yang terbuat dari logam.
  2. Magnet bermanfaat sebagai petunjuk arah (Kompas).
  3. Magnet bermanfaat dalam membantu perubahan energi.
  4. Magnet bermanfaat untuk menghasilkan energi listrik.
  5. Magnet bermanfaat untuk membantu merapatkan dua benda.
  6. Magnet bermanfaat sebagai pengganti roga pada kereta api maglev.

Kalau kamu masih bingung, maka kamu bisa baca penjelasan singkat yang saya tulis secara lengkap. Berikut penjelasan manfaat magnet dalam kehidupan sehari-hari:

1. Magnet bermanfaat untuk menarik / mengambil benda yang terbuat dari logam


Kamu pasti sudah tahu, kalau magnet dapat menarik / mengambil benda yang terbuat dari logam, seperti bei, baja dan nikel, dan ini merupakan salah satu dari sifat magnet.

Dengan adanya sifat tersebut magnet dapat kamu manfaatkan untuk mempermudah mengambil / menarik suatu benda yang terbuat dari bahan logam.

Sebagai contoh peralatan yang terbuat dari logam, gunting (pada ujung gunting dibuat bermagnet agar kamu bisa mudah mengambil dan mencari benda-benda kecil.

Sama halnya dengan obeng dan tang, pada bagian ujungnya dibuat bermagnet tujuanya agar kamu lebih mudah saat memasang skrup dengan cara menempelkan pada ujungnya.

Contoh lain magnet bermanfaat untuk menarik / mengambil benda yang terbuat dari logam yaitu alat pengangkut besi tua yang menggunakan elektromagnetik - dialiri arus listrik.

2. Magnet bermanfaat sebagai penunjuk arah (Kompas)


Jika kamu menyukai penjelajahan hutan atau pegunungan, maka kamu tidak asing lagi dengan benda yang bernama kompas, kompas memanfaatkan sifat magnet yang memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan.

Kutub magnet tersebut jika dimanfaatkan bisa digunakan sebagai media penunjuk arah, karena kutub magnet selalu menunjukkan arah utara dan selatan, dan itu sangat memabantu.

Jika kamu menanyakan dimana letak magnet pada kompas?

Maka kamu bisa lihat pada bagian jarumnya, pada bagian jarum kompas disitulah letak magnet dengan masing-masing kutub, yang selalu menunjukkan arah utara dan selatan.

Magnet yang dimanfaatkan sebagai penunjuk arah ini, biasanya digunakan oleh para pelaut, pendaki gunung, pilot pesawat yang tujuanya untuk membantu menunjukkan jalan / tujuan arahnya.

3. Magnet bermanfaat dalam membantu perubahan energi


Perubahan energi dari pemanfaatan magnet? Kamu bisa perhatikan pada benda elektronik disekitar kamu, misalnya Televisi dan Radio. Terutama pada bagian pengeras suara (speaker).

Meskipun kamu tidak bisa melihat secara langsung, dan kamu hanya bisa melihat jika membongkar peralatan elektronik tersebut, tapi kamu harus tahu.

Speaker atau pengeras suara pada alat elektronik TV atau Radio terdapat sebauh magnet yang berguna untuk mengubah energi listrik menjadi energi bunyi.

4. Magnet bermanfaat untuk menghasilkan energi listrik


Menghasilkan listri dengan memanfaatkan magnet? Magnet bisa menghasilkan listrik dari jumlah yang kecil sampai jumlah yang besar.

Salah satu alat disekitar kamu yang menggunakan magnet untuk menghasilkan listrik adalah dinamo pada sepeda.

Dinamo pada sepeda memanfaatkan magnet untuk menghasilkan energi listrik dalam jumlah kecil untuk digunakan menyalakan lampu sepeda.

5. Magnet bermanfaat untuk membantu merapatkan dua benda


Manfaat magnet dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu merapatkan dua benda, sebagai contohnya yaitu pintu lemari es atau kulkas / freezer.

Kamu bisa perhatikan pada bagian permukaan pintu lemari es, mengapa pintu lemari es bisa menutup dengan rapat? Ya, ini merupakan pemanfaatan magnet untuk membantu merapatkan dua benda dengan memberikan benda A dan benda B dengan magnet berbeda kutub, atau bisa juga salah satu permukaan adalah benda logam.

Jika kamu mau lebih tahu lagi dimana letak magnet pada lemari es, maka kamu bisa lihat di bagian sekeliling sisi pintu tepatnya pada bagian karet disepanjang permukaan pintu lemari es.

Salah satu dari permukaan pintu lemari es terbuat dari bahan logam dan salah satunya lagi adanya magnet, jadi pintu lemari es bisa tertutup dengan rapat.

6. Magnet bermanfaat sebagai pengganti roga pada kereta api maglev


Kamu harus tahu, jenis kereta api, salah satunya kereta api maglev, kerata api ini tidak menggunakan roda, melainkan mengganti roda dengan magnet.

Jadi kereta api maglev bisa meluncur / berjalan tidak bersentuhan lansung dengan rel lintasan, tapi meluncul dengan melayang diatas rel yang terbuat dari magnet.

Bagaimana? masih ragu untuk menggunakan jawaban diatas untuk menjawab soal "Sebutkan Manfaat Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari".

Tenang!!, kamu jangan meragukan jawaban yang saya berikan, karena sebelum saya memposting jawaban dari soal "Sebutkan Manfaat Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari" saya terlebih dahulu mempelajari dan mencari pembahasannya dari beberapa sumber referensi.

Tidak hanya satu sumber saja yang saya baca, hanya untuk menemukan jawaban paling benar dari soal "Sebutkan Manfaat Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari" saya baca lebih dari 10 sumber referensi, agar jawaban terebut benar-benar tepat dan akurat.

Jadi, kamu tidak usah meragukan lagi untuk menggunakan jawaban dari soal "Sebutkan Manfaat Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari" karena jawaban tersebut bukan hanya hasil pemikiran saya, melainkan pemikiran dan opini dari banyak orang.

Oke, sampai disini sudah paham kan? sudah ketemu jawaban soal "Sebutkan Manfaat Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari", sekarang tugas kamu hanya cukup bagikan postingan ini di media sosial, atau aplikasi chatting kamu.

Tujuanya untuk membantu teman-teman kamu yang lain untuk mendapat jawaban yang tepat dari soal "Sebutkan Manfaat Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari" dan juga sebagai bentuk dukungan terhadap situs umamz.com

Kamu tidak rugi membuka situs umamz.com untuk menemukan jawaban soal "Sebutkan Manfaat Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari" karena kamu menemukan jawaban yang 100% paling benar, tepat dan akurat.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar