5KOduV5cVO2xAgB03VPbXbK6EtDbqijKRJxfXFty

Panduan Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka

Sedang mengalami play store tidak bisa dibuka, dan bingung apa yang harus diperbaiki. Tenang disini Anda akan mendapatkan trik mengatasi play store tidak bisa dibuka dalam 5 menit langsung beres (fix).

Play Store Tidak Bisa Dibuka


1. Kasus umum terjadi play store tidak bisa dibuka

  • Tidak dapat mendownload atau menginstal aplikasi atau game dari Google Play Store
  • Tidak dapat mendownload musik, film, acara TV, atau konten lainnya dari Google Play
  • Aplikasi Google Play Store tidak terbuka atau dimuat, atau tidak bekerja setelah dibuka
  • Proses download & update aplikasi macet dan tidak selesai

2. Pastikan Memliki Koneksi Internet

Play Store Tidak Bisa Dibuka
Google play store tidak akan bekerja jika tidak ada koneksi internet, selain itu koneksi internet yang lambat alias tidak stabil juga menjadi salah satu permasalahan. Oleh sebab itu Anda harus pastikan koneksi internet berjalan dengan lancar agar play store tidak bisa dibuka cepat teratasi.

3. Periksa Tanggal dan Waktu

Play Store Tidak Bisa Dibuka
Pastikan tanggal dan waktu hp android Anda sudah benar, karena tanggal dan waktu sangat berpengaruh kepada server google dalam sinkronisasi dengan perangkat. Masuk ke pengaturan > Manajemen Umum > Tanggal dan Waktu > Pilih tanggal dan waktu otomatis.

4. Bersihkan Cache data Play Store

Play Store Tidak Bisa Dibuka
Jika cara pertama belum bisa mengatasi play store tidak bisa dibuka, Anda perlu mencoba menghapus cahche play store. Kenapa harus menghapus cahche? Sebab dengan menghapus cache pengaturan play store menjadi seperti semua, dan masalah yang sebelumnya ada akan hilang.

Untuk menghapus cache google playstore yakni masuk ke pengaturan > Aplikasi > Google Play Store > Penyimpanan > Hapus Data > Hapus Memori.

5. Instal Google Play Services versi terbaru

Play Store Tidak Bisa Dibuka
Cara lain yang dapat membantu Anda mengatasi play store tidak bisa dibuka adalah dengan mengunduh dan menginstal Google Play Services dan Google Play Store versi terbaru. Dengan cara masuk ke google play store > Tekan menu > Tekan setting > Dibawah general > Tekan pembaharuan aplikasi.

6. Mengatur ulang akun Google

Play Store Tidak Bisa Dibuka
Jika ketiga cara diatas masih saja belum bisa atasi play store tidak bisa dibuka, mungkin Anda perlu melakukan atur ulang akun google, caranya yakni masuk ke Pengaturan > Akun dan pencadangan > Akun > Alamat email Anda > Hapus akun.

7. Melakukan Pengaturan Pabrik (Factory Reset)

Play Store Tidak Bisa Dibuka
Dengan melakukan pengaturan pabrik adalah pilihan pamungkas untuk mengatais play store tidak bisa dibuka. Dengan melaukan factory reset maka semua data pada perangkat akan dihapus dan kembali seperti saat beli pertama kali.

Penting! Sebelum melakukan pengaturan pabrik, sangat disarankan untuk melakukan backup (mencadangkan) semua data yang ada pada perangkat. Cara factory reset yakni masuk ke Pengaturan > Manajemen Umum > Reset > Reset data pabrik > Konfirmasi Reset. Maka play store tidak bisa dibuka akan bisa teratasi dengan mudah.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar