5KOduV5cVO2xAgB03VPbXbK6EtDbqijKRJxfXFty

9 Cara Investasi Emas yang Bikin Pemula Untung (Sukses)

Cara Investasi Emas
Sebelum memulai berinvestasi emas untuk pertama kalinya, ketahui dulu 9 cara investasi emas untuk pemula yang bisa bikin untung banyak berikut ini.

Dari berbagai instrumen investasi yang ada, yang tetap paling populer dan mampu bertahan hingga saat ini adalah investasi emas.

Minat tinggi pada emas disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari sisi prestise, fungsinya sebagai pelindung nilai, dan tentunya kemampuan emas sebagai instrumen investasi yang mampu memberikan imbal hasil yang sangat memuaskan.

Bisa dibuktikan dengan grafik harga emas dalam tiga bulan terakhir (9 Februari 2020-11 Mei 2020), nilain emas telah melonjak 22,53% menjadi Rp 892.000/gram.

Asalkan bijak dalam berinvestasi dan mengetahui sifat dari emas sebagai instrumen investasi, bukan tidak mungkin seorang investor emas pemula bisa meraih untung banyak.

Namun, emas sebagai instrumen investasi, tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan. Berikut cara investasi emas kecil-kecilan untuk pemula:
  1. Memulai investasi emas online (digital). Di era digital saat ini untuk berinvestasi emas cukup buka aplikasi Nabung Emas Tokopedia, bisa membeli dan menjual emas di mana saja dan kapan saja, muda, murah, bahkan bisa berinvestasi hanya dengan uang Rp 5.000 saja.
  2. Mulai investasi emas dengan nilai kecil dulu. Sebagai pemula, cukup mulai dari nominal yang kecil dulu, untuk mempelajari seluk beluk investasi emas tanpa harus cemas dengan fluktuasi harga, barulah sedikit demi sedikit meningkatkan volume investasi.
  3. Pilih platform investasi emas online terpercaya. Pastikan tempat membeli dan menginvestasikan uang merupakan lembaga yang resmi diakui pemerintah. Jangan tergiur dengan keuntungan besar dalam waktu singkat. Sebab, bisa bisa menjadi korban investasi bodong yang semakin marak belakangan ini.
  4. Masuk ketika pasar melemah. Perlu memilih waktu yang tepat, riset mengenai harga emas sebelum membeli, sebaiknya beli ketika harga emas sedang melemah. Cari tahu prediksi harga ketika ingin membeli dan setelah membeli, akankah melonjak atau merosot. Jangan asal memulai investasi tanpa mengetahui keadaan pasar.
  5. Persiapkan kemungkinan terburuk. Investasi pasti memiliki dua sisi, keuntungan dan kerugian. Perlu memikirkan secara matang apakah kondisi akan tetap baik jikalau ada kemungkinan terburuk seperti saat harga emas turun drastis dan mengalami kerugian yang besar.
  6. Tentukan tujuan investasi, baru beli emas. Tujuan investasi sangat penting karena akan membantu menentukan target keuntungan dan cara untuk mencapai target tersebut.
  7. Investasi emas di pegadaian. Tabungan Emas Pegadaian adalah layanan penitipan saldo emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas. Produk Tabungan Emas Pegadaian memungkinkan nasabah melakukan investasi emas secara mudah, murah, aman dan terpercaya.
  8. Investasi emas di bank. Melalui bank bisa membeli emas dengan cara dicicil atau mengangsur. Namun, pembelian emas di bank memiliki minimal pebelian yakni 10 gram per pembelian.
  9. Investasi emas melalui outlet antam. Pembelian emas juga bisa dilakukan melalui toko emas Antam. Emas fisik yang dibeli di sini bisa dititip langsung. Sehingga investor bisa lebih nyaman berinvestasi tanpa harus memikirkan keamanan penyimpanannya.
Tadi merupakan cara investasi emas untuk pemula. Tidak hanya berlaku untuk emas, semua instrumen investasi tentunya tidak menjamin keuntungan besar secara instan. Harus belajar secara perlahan untuk dapat menjadi lebih baik dalam berinvestasi.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar