5KOduV5cVO2xAgB03VPbXbK6EtDbqijKRJxfXFty

Manfaat dan Keuntungan Investasi Bisa Mengubah Hidup (Sukses)

Manfaat dan Keuntungan Investasi
Terdapat manfaat Investasi yang bisa mengubah kehidupan seseorang secara drastis terlepas dari instrumen investasi yang dijalankan, bagaimana?

Mungkin pernah mendengar jenis-jenis instrumen investasi seperti misalnya investasi saham, emas, reksa dana bahkan obligasi. Meski investasi bukan lagi kata yang asing di telinga, masih banyak orang buta dengan manfaat investasi.

Perlu diketahui, investasi yang benar akan meningkatkan kualitas hidup bahkan memberikan kekebasan finansial. Terlepas dari itu semua, apa saja manfaat investasi?. Berikut penjelasan manfaat investasi jangka panjang:
  1. Terhindar dari inflasi pertukaran mata uang. Nilai mata uang selalu mengalami penurunan, tingkat suku bunga tabungan tergolong rendah dan tidak bisa mencukupi naiknya persentase inflasi. Investasi menjadi salah satu sarana untuk terhindar dampak inflasi.
    • Melalui manajemen investasi yang baik, bisa meningkatkan pertumbuhan uang hingga mengalahkan tingginya laju inflasi.
  2. Nilai tukar uang akan selalu meningkat. Ketika menabung di bank, uang tersebut akan terus tergerus seturut waktu, bunga yang diperoleh hanya cukup untuk membayar biaya administrasi.
    • Melalui investasi, dapat mengelola uang dan bisa meningkatkan nilai uang yang dimiliki.
    • Misalnya berinvestasi emas, maka harga emas akan selalu naik dalam jangka panjang.
  3. Menambah sumber penghasilan. Investasi tidak diragukan akan menambah penghasilan, dengan menyisihkan sedikit uang gaji untuk berinvestasi. Sehingga, penghasilan nanti akan datang dari berbagai sumber dan tidak lagi tergantung pada gaji bulanan.
    • Jumlahnya bisa bervariasi tergantung seberapa pintar dalam mengaturnya.
    • Semakin paham dan mampu memprediksi peluang, semakin besar kemungkinan dapat meningkatkan nilai uang melalui persentase keuntungan.
  4. Mendapatkan efek compounding. Saat berinvestasi, berpeluang memaksimalkan keuntungan dengan memanfaatkan efek compounding.
    • Efek compounding atau bunga bergulung adalah bunga yang diperoleh dari hasil investasi sebelumnya yang di investasikan lagi dan menghasilkan bunga kembali.
    • Atau kondisi ketika mendapatkan pengembalian modal beserta keuntungan dan bunganya, bisa menginvestasikan modal itu lagi maka bunga yang tadi peroleh akan kembali menghasilkan bunga.
    • Dengan kata lain, melalui investasi jangka panjang bisa menghasilkan pendapatan dari pendapatan sebelumnya.
  5. Mempersiapkan kebutuhan masa depan. Berinvestasi dapat dijadikan sebagai mempersiapkan modal untuk kebutuhan di masa depan. Sebut saja biaya pernikahan, pendidikan anak, kesehatan, dan lain-lain.
    • Melalui investasi, bisa mengatasi peningkatan biaya pada kebutuhan-kebutuhan tersebut.
  6. Pensiun lebih siap. Tentu semua orang tidak ingin bekerja seumur hidup. Maka dengan investasi bisa mempersiapkan masa depan. Selagi muda, persiapkanlah masa depan dengan baik. Selain menabung, harus mencoba berinvestasi dan memanfaatkan efek compounding untuk mempersiapkan dana pensiun.
  7. Mempunyai finansial yang mapan. Merdeka secara finansial, penghasilan telah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Melalui investasi yang baik akan mendapatkan keuntungan besar dalam waktu yang sangat singkat.
    • Namun, semakin tinggi untung semakin tinggi pula tingkat resikonya. Oleh sebab itu, harus pintar-pintar mengatur investasi sebaik mungkin.
  8. Membuka wawasan banyak relasi. Selain bermanfaat untuk finansial di masa depan, berinvestasi juga bermanfaat sebagai individu. Menjadi seorang investor akan membuatnya memiliki banyak relasi.
    • Wawasan ekonomi dan finansial pun akan semakin luas.
    • Tidak menutup kemungkinan, akan menjadi seorang perencana keuangan yang handal.
  9. Melatih mengambil keputusan. Saat sedang berinvestasi, secara tidak langsung akan mulai memikirkan perencanaan investasi. Berbagai masalah yang dihadapi akan mengasah kemampuan analisa. Wawasan dan pengetahuan tentang investasi akan bertambah seiring waktu.
  10. Menjadi orang lebih bertanggung jawab. Tanggung jawab adalah salah satu hal yang bisa diasah ketika berinvestasi. Investor akan dipaksa untuk bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dibuat.
    • Ketika memutuskan untuk berinvestasi di salah satu perusahaan, maka harus bisa bertanggung jawab bila terjadi kerugian dengan membuat back-up plan seperti cut loss atau diversifikasi investasi.
Terdapat banyak manfaat investasi yang bisa didapatkan. Investasi dengan pengaturan yang baik akan memberikan manfaat yang besar untuk masa depan.

Bagaimana? apakah sekarang tertarik untuk mencoba investasi? percayalah investasi tidak akan membuat miskin, apabila melakukannya dengan baik.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar