5KOduV5cVO2xAgB03VPbXbK6EtDbqijKRJxfXFty

Penjelasan Lengkap Apa yang Dimaksud Poster

Apa yang Dimaksud Dengan Poster?
Poster adalah media publikasi yang memadukan antara tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya dengan tujuan memberikan informasi kepada khalayak umum. Poster dipasang di tempat keramaian dan strategis, dengan informasi bersifat mengajak.

Poster merupakan bentuk dari seni grafis dua dimensi dengan memadukan antara huruf, angka, dan gambar pada media kertas besar. Umumnya ditempelkan di bidang permukaan rata, seperti dinding atau papan, di tempat keramaian.

Secara umum tujuan poster adalah bentuk publikasi agar dibaca oleh masyarakat luas dan berisi ajakan.

Sedangkan tujuan khusus dari poster adalah ajakan yang disampaikan poster bersifat subyektif, tergantung apa yang diinginkan pembuat poster itu sendiri. Misalnya seperti tujuan komersial, berusaha untuk meraih simpati, mencari perhatian, dan sebagainya.

Adapun fungsi dari poster adalah memberikan informasi tambahan mengenai sesuatu kepada semua orang. Harapan tujuan pembuat poster akan tersampaikan melalui tulisan dan gambar yang ditampilkan dengan melihat dan membaca poster.

Perbedaan antara poster dengan media publikasi dua dimensi lainnya yaitu pada ukuran serta cara penyampaian pesan. Poster tidak membutuhkan kalimat terperinci, cukup menggunakan kalimat sederhana dan mudah diingat. Berikut adalah ciri-ciri dari poster:
  1. Poster didesain dengan komposisi huruf dan gambar di atas media datar (kertas atau kain) dengan ukuran besar.
  2. Dipasang dengan cara ditempelkan di bidang permukaan rata seperti dinding atau papan di tempat keramaian untuk menarik perhatian banyak orang.
  3. Dibuat menggunakan teknik pewarnaan kontras dan pemilihan warna berani.
  4. Menggunakan bahasa singkat, padat, jelas, dan mudah dipahami.
  5. Diberi gambar untuk memudahkan penyampaian pesan.
  6. Dapat dibaca sekilas, namun meninggalkan kesan mendalam.
Pembuatan poster memiliki syarat-syarat khusus untuk membedakan dengan bentuk media publikasi lain dan lebih mengoptimalkan fungsi dari poster itu sendiri. Berikut adalah syarat pembuatan poster:
  1. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
  2. Memiliki susunan kalimat singkat, padat, jelas, dan dapat menyampaikan maksud dari poster.
  3. Kombinasi antara tulisan dan gambar.
  4. Bisa menarik perhatian banyak orang.
  5. Bahan yang digunakan kuat dan tahan terhadap cuaca, tidak mudah rusak dan sobek.
  6. Ukuran poster menyesuaikan lokasi memasang poster, serta target pembaca.
Selain ciri dan syarat poster, perlu diperhatikan hal-hal penting tentang poster. Dengan tujuan poster dapat lebih sesuai target pembaca. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan poster:
  1. Memuat gambar yang mencolok, agar menggugah rasa penasaran orang.
  2. Memilih bentuk dan ukuran huruf yang mudah terbaca.
  3. Gunakan tulisan yang efektif, sugestif, dan mudah diingat.
  4. Jangan mengisi penuh poster dengan gambar atau tulisan, sebab akan menurunkan keinginan orang membaca secara detail.
  5. Perhatian komposisi keindahan dari poster agar semakin menarik perhatian banyak orang.
Meski pengertian poster pada dasarnya sama saja, yakni sebagai bentuk pemberitahuan kepada khalayak umum. Namun terdapat berbagai jenis poster yang umumnya beredar. Jenis poster dibedakan berdasarkan isi dan tujuan dari pembuatan poster itu sendiri.

Poster dapat dibedakan berdasarkan isi yang dimuat di dalamnya. Informasi yang disampaikan dalam poster merupakan hal yang sangat penting dan menjadi hal yang paling ditonjolkan. Poster jenis ini menjelaskan mengenai sebuah informasi. Berikut contoh jenis poster berdasarkan isi:
  1. Poster niaga, yaitu poster yang dibuat dengan tujuan untuk menawarkan barang atau jasa.
  2. Poster layanan masyarakat adalah poster yang memuat informasi untuk mengedukasi masyarakat secara umum. Misalnya poster tentang bahaya merokok atau poster tentang keluarga berencana (KB).
  3. Poster kegiatan, merupakan media untuk memberitahukan tentang kegiatan yang akan diselenggarakan.
  4. Poster pendidikan, yakni poster yang memiliki tujuan untuk mendidik masyarakat. Biasanya berhubungan dengan dunia pendidikan dan dipasang di sekolah-sekolah.
Penekanan pada jenis poster berdasarkan tujuan adalah pada tercapainya tujuan dari si pembuat poster. Berbeda dengan jenis poster berdasarkan isi yang lebih mengedepankan pada penyampaian informasi. Berikut contoh jenis poster berdasarkan tujuan:
  1. Poster kampanye merupakan jenis poster yang mudah ditemukan menjelang pemilihan umum. Dengan tujuan untuk menarik simpati banyak orang terhadap partai politik serta calon yang akan maju dalam pemilihan umum.
  2. Poster ‘cheesecake’ adalah poster yang digunakan untuk menarik perhatian dan minat publik. Misalnya seperti ajakan untuk menjadi penyanyi, artis, model, dan sebagainya.
  3. Poster film yaitu poster yang dibuat khusus untuk mempromosikan film yang tengah ditayangkan.
  4. Poster buku atau komik dibuat untuk mempopulerkan buku atau komik yang dijual.
  5. Poster propaganda yaitu poster yang berisikan kalimat yang bertentangan dengan pemerintahan berwenang.
  6. Poster dicari 'wanted' merupakan jenis poster memuat informasi buronan, orang hilang, dan lapangan pekerjaan.
  7. Poster riset yaitu poster yang bertujuan menginformasikan mengenai kegiatan riset unutk menarik minat para agar datang dan meramaikan kegiatan.
  8. Poster afirmasi adalah poster yang bertujuan untuk memberikan motivasi.
  9. Poster komersial adalah poster untuk mempromosikan produk agar semakin dikenal banyak orang dan meningkatkan angka penjualan.
Poster merupakan media iklan yang sudah ada sejak manusia mengenal tulisan. Sejak dulu pengertian poster selalu sama, untuk menyampaikan informasi kepada khalayak ramai.

Dahulu poster ditempel di pusat keramaian suatu kota agar dibaca oleh banyak orang. Kini pun tak jauh berbeda, karena fungsi poster masih belum tergantikan.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar