5KOduV5cVO2xAgB03VPbXbK6EtDbqijKRJxfXFty

Cara Menghapus Virus Malware Laptop dan PC

Cara Menghapus Virus Malware Laptop dan PC
Ditemukan 6 (enam) cara untuk menghapus virus malware di laptop maupun di komputer hingga tuntas. Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya.

Malware adalah program software yang dapat menyembunyikan, menghapus, dan mencuri data komputer tanpa ijin pengguna, atau bisa dikatakan sebagai program virus.

Keberadaan malware akan memberikan pengaruh besar pada kinerja laptop ataupun komputer, dan juga akan menimbulkan berbagai masalah lainnya.

Oleh sebab itu, anda perlu membersihkan dan menghilangkan malware di pc ataupun di laptop hingga keakar-akarnya.

Jika anda mencari di internet tentang cara menghapus virus malware, maka anda direkomendasikan untuk instal ulang Windows, yang katanya itu cara terbaik dan tercepat untuk menghapus virus malware.

Namun, menurut saya pribadi hal itu tidak direkomendasikan, sebab masih ada cara lain yang sudah dipastikan berhasil tanpa harus instal ulang windows.


Bagaimana Cara Menghilangkan Virus Malware?Anda dapat dengan mudah menghapus, menghilangkan, membersihkan virus malware dari laptop atau komputer dengan melakukan beberapa langkah dibawah ini. Berikut cara menghapus virus malware:
  1. Hapus Temporary Files Windows dan Browser. File sementara (Temporary Files) sangat rentan menjadi sarang virus malware laptop maupun komputer. Oleh sebab itu anda perlu menghapus temporary files windows dan browser.
    1. Berikut cara menghapus temporary files windows, tekan Windows + R, kemudian ketik %temp%, kemudian tekan OK atau Enter, setelah itu tekan CTRL + A dan pilih delete. 
    2. Temporary file browser bisa di hapus dengan membuka history, kemudian pilih menu clear browsing data, pilih advanced, lalu pilih all time, kemudian klik clear data.
  2. Scanning Komputer dengan Software Malwarebytes. Malwarebytes adalah program software yang dibuat khusus untuk scanning virus malware, anda dapat menggunakannya sebagai alat scanning dan pembersih virus malware yang ada di laptop atau komputer secara menyeluruh termasuk didalam partisi harddisk.
  3. Hapus Program yang Tidak Dikenal atau Aneh. Anda harus rutin mengecek software apa saja yang terinstal pada komputer, sebab biasanya ada beberapa program software yang tiba-tiba terinstal padahal anda tidak menginstalnya. Oleh sebab itu, ana perlu melakukan uninstal program software yang tidak anda kenal atau aneh, untuk meminimalisir ada nya virus malware.
  4. Manfaatkan Windows Defender. Windows Defender adalah program keamanan bawaan windows, yang berfungsi mencegah adanya program yang mencurigakan dan berpotensi adanya virus malware didalamnya.
    1. Anda dapat memanfaatka windows defender untuk menghapus virus malware yang sedang bersarang di laptop atau komputer. Penggunaan windows defender sangat direkomendasikan secara offline, sebab proses scanning dilakukan pada saat booting.
  5. Reset atau Hapus System Restore. Sudah banyak pengguna mengatakan bahwa system restore memiliki potensi lebih besar menjadi sarang virus malware. Oleh sebab itu lebih baik anda matikan fitur system restore ini.
  6. Install Ulang Komputer. Sebagai langkah terakhir, anda bisa melakukan instal ulang windows anda, jika memang virus malware tidak dapat teratasi menggunakan cara yang diatas.
Bagaimana? apakah cara menghapus virus malware ini membantu anda? Jika iya, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman anda dan gunakan cara ini dengan bijak.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar