5KOduV5cVO2xAgB03VPbXbK6EtDbqijKRJxfXFty

Apa manfaat MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya

Jawaban Terverifikasi Ahli

Manfaat MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainya adalah memudahkan ekspor hasil produksi, memudahkan impor bahan baku antara negara anggota MEA, memudahkan mendapatkan investasi, membuka langan kerja dan mensejahterakan rakyat.

Berikut penjelasan dari manfaat MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya adalah:
  1. Memudahkan ekspor hasil produksi. Bagi produsen atau pengusaha yang memproduksi suatu produk maupun barang, dengan adanya MEA memperluas pasar penjualanya dan mempermudah ekspor hasil produksi ke negara ASEAN lainya.
  2. Memudahkan impor bahan baku antara negara anggota MEA. Bagi produsen atau pengusaha yang membutuhkan bahan baku produksi yang mengharuskan impor dari negara lain, menjadi lebih mudah berkat adanya MEA, terutama dibagian Izin dan juga kualitas harga bahan baku.
  3. Memudahkan mendapatkan investasi. Bagi pengusaha perorangan atau kelompok yang sedang membuka bisnis baru, menjadi lebih mudah mendapat investasi dari orang atau kelompok negara lain ASEAN berkat adanya MEA.
  4. Membuka lapangan kerja dan mensejahterakan rakyat. Dengan adanya MEA sebagai warga negara Indonesia dan negara-negara lain dimudahkan dalam hal mencari pekerjaan, dan juga mendapatkan tenaga kerja sesuai keahlian.

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan ASEAN Economic Community (AEC) adalah komunitas pasar bersama yang dibuat oleh ASEAN untuk mengintegrasikan ekonomi negara anggotanya.

Anggota MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) dan anggota AFTA (ASEAN Free Trade Area) adalah sama yaitu ke-sepuluh negara ASEAN: Myanmar, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei, dan Indonesia.

MEA adalah realisasi tujuan akhir integrasi ekonomi kawasan ASEAN. Bila MEA direalisasikan, diharapkan ASEAN akan memiliki pergerakan barang, jasa, dan investasi bebas serta arus modal dan keterampilan yang lebih bebas
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar