5KOduV5cVO2xAgB03VPbXbK6EtDbqijKRJxfXFty

Apa yang perlu disiapkan oleh tenaga kerja Indonesia agar mampu ikut berpartisipasi di MEA

Jawaban Terverifikasi Ahli

Hal yang perlu disiapkan oleh tenaga kerja indonesia agar mampu ikut berpartisipasi di MEA adalah Pendidikan dan Keterampilan, Public Speaking, Menguasai Bahasa Asing, dan Profesionalisme.

Berikut penjelasannya:
  1. Pendidikan dan Keterampilan. Hal wajib yang harus dimiliki oleh tenaga kerja Indonesia yang ingin berpartisipasi dalam MEA, karena pendidikan dan keterampilan adalah modal utama dalam bersaing dengan tenaga kerja dari negara anggota ASEAN lainnya.
  2. Public Speaking. Berfungsi sebagai daya tarik yang dimiliki seseorang agar orang lain dapat menuruti kemauannya. Hal ini dapat menjadi modal yaitu sebagai alat pemasaran yang efektif. Kemampuan public speaking sangat penting dalam menjalankan bisnis atau karier apapun, termasuk pada penyelenggaraan MEA.
  3. Menguasai Bahasa Asing. Ketika bersaing secara internasional, maka tenaga kerja dituntut memiliki kemampuan dalam menguasai bahasa asing, karena untuk berkomunikasi dengan rekan kerja dari negara lain kita harus menguasai bahasa rekan kerja tersebut, minimal bahasa internasional yaitu bahasa inggris.
  4. Profesionalisme. Karakter yang sangat diperlukan pada era MEA adalah profesionalisme, baik oleh pengusaha atau calon tenaga kerja yang ingin bekerja diluar negeri. Dengan bekerja dan berpikir secara professional maka akan mengundang kepercayaan serta pujian dari orang lain.

MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) atau AEC (ASEAN Economic Community) merupakan proyek negara anggota ASEAN yang bertujuan untuk meningkatkan stabilitas dalam perekonomian di wilayah ASEAN serta membentuk kawasan ekonomi antar negara anggota ASEAN yang kuat. Dengan adanya MEA atau AEC maka negara anggota ASEAN akan mengalami aliran bebas investasi, barang, jasa, dan tenaga kerja terdidik dari dan ke masing-masing negara anggota ASEAN.

Postingan ini adalah pembahasan dari pertanyaan apa yang perlu disiapkan oleh tenaga kerja indonesia agar mampu ikut berpartisipasi di mea yang dilengkapi dengan jawaban penjelas secara lengkap.

Sebenaranya pertanyaan apa yang perlu disiapkan oleh tenaga kerja indonesia agar mampu ikut berpartisipasi di mea sudah banyak dibahas pada situs brainly.co.id tapi disini saya sedikit merevisi dengan menambahkan penjelasan pelengkap.

Jawaban dari pertanyaan apa yang perlu disiapkan oleh tenaga kerja indonesia agar mampu ikut berpartisipasi di mea diambil dari berbagai sumber media cetak dan media online, jadi kamu jangan meragukan lagi kebenaran dari jawaban ini.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar