5KOduV5cVO2xAgB03VPbXbK6EtDbqijKRJxfXFty

5 Candi Peninggalan Kerajaan Singasari

Kerajaan Singasari atau Singhosari ialah kerajaan Hindu-Buddha yang bermukim di Pulau Jawa tepatnya Kerajaan Singasari ini berada di daerah Singasari, Malang, dan berdiri pada abad ke-13. Meski telah berabad lamanya, kerajaan ini pernah memiliki kekayaan pada masa nya dan hingga kini bisa disaksikan dengan bukti puing kerajaan yang tersisa yang masih berdiri kokoh, salah satunya adalah candi peninggalan Kerajaan Singasari.

Kerajaan Singasari ini tersohor atas pendirinya yaitu Ken Arok. Tidak hanya dikenal sebagai Raja dari Kerajaan Singasari, Ken Arok juga terkemuka dengan nama Sri Rajasa Bathara Sang Amurwabhumi. Dari tahun 1272 - 1292 M, kerajaan ini berdiri dan mulai dari Raja Ken Arok hingga Raja terakhirnya yaitu Raja Kertanegara. Setelah runtuhnya Kerajaan Singasari ini, berikut peninggalan-peninggalan yang masih bisa kita rasakan hingga hari ini.

Candi Peninggalan Kerajaan Singasari


Candi Peninggalan Kerajaan Singasari

Candi Singosari, Salah Satu Candi Peninggalan Kerajaan Singasari

Candi peninggalan Kerajaan Singasari pertama ialah candi Singosari yang berlokasi di Kecamatan Singosari di Kabupaten Malang yang terletak tepat pada lembah di antara Pegunungan Tengger dan Gunung Arjuna.

Dalam Kitab Negarakertagama serta pada Prasasti Gajah Mada tahun 1351 M, candi ini adalah tempat "pendharmaan" bagi raja Kerajaan Singasari yang terakhir yaitu Raja Kertanegara yang wafat pada tahun 1292. Kematian nya terjadi pada saat istana Singasari yang diserang tentara Gelang-gelang pimpinan Jayakatwang. Baca juga asuransi kesehatan murah yang rekommended.

Candi Jago

Candi Jago merupakan candi peninggalan Kerajaan Singasari yang kedua. Candi ini tersusun dengan arsitektur seperti punden berundak yang bertumpuk-tumpuk. Candi ini tersusun dari bahan batu andesit dan candi ini disebut-sebut memiliki keunikan yaitu karena bagian atas candinya sudah tidak utuh lagi, konon menurut cerita masyarakat setempat candi ini pernah tersambar petir. Candi ini juga memiliki ciri khas yaitu terdapatnya relief-relief Kunjarakarna dan Pancatantra.

Candi Sumberawan

Ketiga ada candi Sumberawan ialah sebuah stupa yang ditemukan di wilayah Jawa Timur. Candi ini jaraknya sekitar 6 km dari tempat berdirinya Candi Singasari. Candi Sumberawan ini terletak di sekitar telaga yang memiliki air yang begitu bening airnya sehingga pemandangan nya indah di sekitar candi. 

Candi Jawi

Candi peninggalan Kerajaan Singasari selanjutnya bernama Candi Jawi yang terletak diantara Kecamatan Pandaan dan Kecamatan Prigen dan Pringebukan. Candi Jawi ini juga ialah tempat pendharmaan dimana disitu tersimpan abu raja terakhir Singasari, Raja Kertanegara.

Candi Kidal

Terakhir ada yang namanya Candi Kidal ialah candi yang dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada Raja kedua Singasari, yaitu Anusapati atas jasa besarnya.

Itulah 5 candi peninggalan Kerajaan Singasari yang menjadi bukti sejarah yang masih bisa kita saksikan hingga hari ini. Demikian informasinya, semoga bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar