5KOduV5cVO2xAgB03VPbXbK6EtDbqijKRJxfXFty

5 Kendala yang Sering Dialami Recruiter Saat Mencari Kandidat

5 Kendala yang Sering Dialami Recruiter Saat Mencari Kandidat. Proses rekrutmen karyawan bukanlah hal yang mudah bagi seorang rekruter. Apalagi jika kegiatan tersebut dilakukan secara manual tanpa memanfaatkan hiring software untuk mendapatkan kandidat yang tepat. Berikut 5 kendala yang sering dihadapi rekruter beserta cara mengatasinya.

Selama ini banyak orang kesulitan mendapatkan lowongan pekerjaan. Namun, para rekruter sendiri juga kesulitan menemukan kandidat yang tepat sesuai kebutuhan perusahaan. Beberapa permasalahan berikut ini adalah kendala yang sering dialami rekruter saat hiring karyawan.

Kendala yang Sering Dialami Rekruter




hiring software
hiring software

Terjadi Masalah Internal Perusahaan 

Masalah utama yang biasanya menghambat proses rekrutmen karyawan justru berasal dari internal perusahaan itu sendiri. Misalnya saja terjadi ketidaksepakatan antara HRD dan manajemen terkait tentang syarat dan alur rekrutmen yang berlaku. Sehingga proses rekrutmen berjalan lebih lambat.

Untuk menyiasati hal ini, Anda harus menyamakan visi misi terlebih dahulu, yaitu antara Human Resource dan manajemen terkait. Rekruter perlu merencanakan alur rekrutmen secara detail dan temukan jalan tengah terbaik jika terjadi perbedaan pendapat. 

Sepi Peminat

Kendala kedua saat membuka lowongan pekerjaan adalah sepinya pelamar. Kalaupun ada yang mendaftar, kandidat tersebut kurang memenuhi kualifikasi perusahaan. Biasanya hal ini terjadi karena minimnya promosi, sehingga tidak banyak orang yang tahu tentang lowongan tersebut.

Karena itu, Anda harus aktif mempromosikan lowongan pekerjaan di berbagai tempat, baik offline dan online. Selain memasang pengumuman di halaman kantor, coba iklankan lowongan pekerjaan melalui media sosial dan aplikasi rekrutmen. Sehingga lebih banyak pelamar potensial yang mendaftar.

Kandidat Potensial Tiba-Tiba Mengundurkan Diri

Sudah screening dokumen hingga wawancara dan psikotes, tapi 1-2 kandidat potensial tiba-tiba membatalkan proses rekrutmen. Tentu menyebalkan jika seorang rekruter harus mengalami masalah tersebut. Apalagi, rangkaian proses tersebut menghabiskan banyak waktu, uang, dan tenaga.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda aktif melakukan follow-up kandidat, baik melalui email, WhatsApp, atau telepon. Hal ini untuk menjaga intensitas komunikasi agar tidak terputus begitu saja. Jangan sampai tidak follow-up sama sekali, karena kandidat akan mengira dirinya telah ditolak.

Terlalu Banyak Pelamar

Kalau yang ini kebalikan dari kendala nomor 2. Setelah melakukan promosi di berbagai saluran, akhirnya Anda pun kebanjiran pelamar. Ternyata hal ini juga menjadi masalah tersendiri bagi rekruter. Sebab, Anda harus membaca lebih banyak CV pelamar, sehingga proses screening molor lebih lama.

Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya fokus pada beberapa saluran promosi paling potensial. Jangan habiskan waktu dan uang untuk beriklan di banyak platform. Sebaiknya pilih satu hiring software yang dapat mempertemukan Anda dengan kandidat potensial.

Aplikasi Hiring yang Terlalu Rumit

Aplikasi hiring adalah salah satu ujung tombak keberhasilan proses rekrutmen. Beberapa software rekrutmen mempunyai desain tampilan dan algoritma yang buruk, serta mahalnya biaya sewa. Sehingga rekruter semakin kesulitan saat menggunakannya untuk mencari kandidat yang tepat.


Jangan habiskan waktu Anda dengan software hiring semacam itu. Mulai sekarang gunakan Shortlyst, aplikasi rekrutmen karyawan yang telah mempunyai lebih dari 600 juta profil kandidat. Aplikasi ini didukung oleh teknologi AI yang cerdas, sehingga proses rekrutmen berjalan lebih efektif dan efisien.


Shortlyst juga dilengkapi berbagai fitur menarik untuk mempercepat proses rekrutmen. Mulai dari fitur tag rekruter hingga integrasi secara otomatis ke berbagai platform, seperti email, Slack, dan WhatsApp. Menariknya lagi, Shortlyt menawarkan harga yang sangat terjangkau, mulai 23 USD saja. Perhatikan juga artikel menarik tentang cara flash zenfone c ini ya.


Demikian pembahasan tentang beberapa kendala dalam proses rekrutmen karyawan. Untungnya saat ini telah ada Shortlyst, hiring software terbaik yang akan membantu proses rekrutmen berjalan lebih cepat dan tepat. Gunakan sekarang juga dan temukan karyawan terbaik untuk perusahaan Anda.

 

 


 

 

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar