5KOduV5cVO2xAgB03VPbXbK6EtDbqijKRJxfXFty

Menjelaskan Pengertian Sistem Informasi Secara Lengkap

Pengertian sistem informasi adalah sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan menjalankan operasional, sistem dari kombinasi antara manusia, teknologi informasi, dan prosedur yang terorganisasi.

Pengertian Sistem Informasi

Berikut pengertian sistem informasi menurut para ahli:
  1. Mc Leon. Pengertian sistem informasi adalah sistem yang punya kemampunya mengumpulkan informasi dari banyak sumber dan pemanfaatan media sebagai alat menampilkan informasi.
  2. Erwan Arbie. Pengertian sistem informasi adalah sistem dalam organisasi yang mempertemukan kebutuhkan pengolahan transaksi harian, bantuan, dan dukungan operasi.
  3. O'Brien. Pengertian sistem informasi adalah kombinasi dari unit yang dikelola orang, hardware, software, jaringan komputer, jaringan komunikasi data, database, mengubah, dan menyebarkan informasi tentang bentuk organisasi.
  4. Jon F Nash. Pengertian sistem informasi adalah kombinasi antara manusial, teknologi, media, prosedur, dan pengendalian yang ditunjuk mengatur jaringan komunikasi penting, proses transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan eksternm dan menyediakan dasar untuk mengambil keputusan yang teapt.
  5. Alter. Pengertian sistem informasi adalah tipe khusus dari sistem kerja manusia dan atau mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk memproduksi produk dan atau jaasa bagi pelanggan.
Tujuan sistem informasi adalah untuk menghasilkan informasi yang berguna bagi para pengguna dengan mengharuskan adanya Relevance (Tepat kepada orangnya), Timeliness (Tepat waktu), Accurate (Akurat dan tepat nilainya).

Berikut fungsi sistem informasi:
  1. Meningkatkan aksesiblitas data secara efektif dan efisien kepada pengguna.
  2. Menjamin ketersediaan kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
  3. Memperbaiki produktivitas aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.
  4. Menetapkan investasi yang hendak diarahkan pada sistem informasi
  5. Mengantisipasi dan memahami akan konsekuensi ekonomi.
  6. Mengidentifikasi kebutuhan mengenai keterampilan pendukung sistem informasi.
  7. Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
Berikut Komponen sistem informasi:
  1. Komponen input. Data yang masuk ke dalam sistem informasi.
  2. Komponen model. Kombinasi prosedur, logika, dan model matematika yang memproses data yang tersimpan pada database dengan pengolahan sehingga menjadi keluaran yang diinginkan.
  3. Komponen output. Hasil informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.
  4. Komponen teknologi. Alat dalam sistem informasi, teknologi digunakan dalam menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan output, serta memantau pengendalian sistem.
  5. Komponen database. Kumpulan data yang saling berhubungan yang tersimpan di dalam komputer dengan menggunakan software database.
  6. Komponen kontrol. Komponen yang mengendalikan gangguan terhadap sistem informasi.
Berikut ciri-ciri sistem informasi:
  1. Baru. Informasi yang didapat adalah baru, dan segar bagi para penerima informasi.
  2. Tambahan. Informasi dapat diperbaharui atau memberi tambahan terhadap informasi yang sebelumnya telah hadir atau ada.
  3. Kolektif. Informasi yang dapat menjadi suatu koreksi dari informasi yang salah sebelumnya.
  4. Penegas. Informasi yang dapat mempertegas informasi yang sebelumnya telah ada.
Berikut contoh sistem informasi:
  1. Knowledge Work System. Sistem informasi yang memuat berbagai informasi terbaru mengenai ilmu pengetahuan.
  2. Office Automation System. Sistem yang bertugas untuk menggabungkan beberapa peralatan IT dalam suatu jaringan dan dipusatkan pada suatu server tertentu.
  3. Transaction Processing System. Sistem informasi yang digunakan pada organisasi atau instansi yang melakukan kegiatan atau operasional tertentu secara rutin.
Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk menambah wawasan Anda mengenai sistem informasi. Artikel ini dibuat dengan mengambil dari beberapa referensi dengan melakukan penambahan dan pengurahan informasi untuk memudahkan pembaca memahami. Semoga bermanfaat.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar