5KOduV5cVO2xAgB03VPbXbK6EtDbqijKRJxfXFty

Panduan 5 Cara Menghilangkan Virus di Laptop (Bersih Total)

Cara Menghilangkan Virus di Laptop
Virus yang bersarang pada laptop cukup menakutkan, sebab virus dapat merusak kinerja laptop, menghilangkan data-data penting, dan kerugian lainnya. Karena hal ini maka Anda perlu tahu bagaimana cara menghilangkan virus di laptop agar perangkat komputer Anda terbebas dari virus.

Salah satu penyebab yang umum terjadi masuknya virus pada perangkat komputer Anda, biasanya ketika Anda mengunduh file dari internet seperti aplikasi, lagu, film dan masih banyak lagi.

Terdapat 3 (tiga) jenis virus di laptop yang saat ini telah di kenali berdasarkan jenisnya. Berikut jenis virus yang ada pada laptop:
  1. Worm Virus. Worm adalah jenis virus yang dapat menyebar tanpa memerlukan tindakan dari pengguna, virus ini biasanya bermula dari infeksi dari file lampiran email yang di terima pengguna. Secara teknis virus ini menyebar ke laptop ketika file tersebut di jalankan / di buka, maka Worm Virus secara otomatis mulai menyebar pada perangkat.
  2. Spyware Virus. Spyware adalah program virus yang dapat memasang dirinya sendiri pada perangkat yang telah terinfeksi tanpa sepengetahuan pengguna. Virus ini dapat melakukan tindakan seperti merubah konfirgurasi komputer dan juga mengumpulkan data pribadi milik pengguna.
  3. Trojan Virus. Trojan adalah virus yang punya kemampuan untuk menyembunyikan dirinya di dalam program yang terdapat di dalam perangkat. Virus ini memiliki kemampuan untuk memasuki perangkat korban tanpa harus berinteraksi penuh dengan pengguna.

Cara Menghilangkan Virus di Laptop untuk Pemula

Cara Menghilangkan Virus di Laptop
Sebagai orang yang masih pemula atau masih baru saja memegang laptop, maka akan bingung ketika laptop tiba-tiba tekena virus, oleh sebab itu saya akan memberikan tutorial cara menghilangkan virus di laptop yang benar-benar untuk orang awam. Berikut beberapa teknik menghilangkan virus di laptop:

1. Virus membandel di Laptop hilang total dengan CMD (Command Prompt)

Command Prompt adalah salah satu alternatif untuk dijadikan sebagai pembersih virus di laptop. Anda cukup memperhatikan cara di bawah ini dengan teliti agar tidak terjadi hal-al yang tidak di inginkan. Berikut cara menghilangkan virus di laptop dengan cmd:
  1. Jalankan aplikasi CMD (Command Prompt). Pertama, klik Start dan ketik cmd. Jika sudah, klik kanan Run as administrator.
  2. Tentukan penyimpanan yang ingin di periksa virusnya. Misalkan, yang akan anda tuju adalah drive D, maka ketik dir D: attrib -s -h /s /d . dan tekan enter. Jika anda ingin memeriksa drive selain D, maka tinggal ganti saja huruf D dengan lokasi drive yang akan anda periksa.
  3. Tunggu hingga proses pemeriksaan selesai. command prompt akan mengeksplorasi drive yang dipilih dan memuat semua file pada drive tersebut.
  4. Cari dan hapus file asing berformat (.exe). Cari file yang menurut anda asing dengan format .EXE, yang dimana anda tidak pernah menginstall sebelumnya, hapus melalui command prompt ini.
  5. Solusi jika tidak dapat di hapus. Jika tidak dapat dihapus, anda dapat search melalui Run, dan hapus file tersebut. Anda juga dapat menggunakan REGEDIT dengan cara Start > Run > Regedit > Edit > Find > masukkan nama file virus yang anda temukan di command prompt, dan hapus semua registry yang ada, termasuk folder sekalipun.
  6. Selesai.

2. Task Manager Solusi Ampuh Pembersih Virus di Laptop

Cara ini sebenarnya bukan untuk menghilangkan virus yang ada laptop, akan tetapi lebih ke cara memberhentikan sementara virus yang ada di laptop. Task Manager sangat berguna sebagai alat untuk mengecek layanan mencurigakan yang berjalan pada laptop. Berikut cara menghilangkan virus di laptop dengan task manager:
  1. Buka aplikasi Task Manager. Pertama, buka task manager dengan menekan CTRL + SHIFT + ESCAPE. Lihat, jika terdapat layanan yang mencurigakan, segera matikan!
  2. Buka dan jalankan MSConfig. Pada layar task manager klik file dan pilih Run new task dan tuliskan 'mcsconfig' setelah itu klik oke.
  3. Hapus kolom centang pada aplikasi yang mencurigakan. Setelah masuk System Configuration, masuklah ke opsi Service. Anda diharuskan menghapus semua kolom centang yang mencurigakan. Misal, yang tidak pernah anda install namun terdapat pada pilihan tersebut.
  4. Disable file yang mencurigakan. Pada menu Startup maka anda akan melihat file yang menurut anda mencurigakan, tandai file yang mencurigakan dan klik Disable.
  5. Buka CMD dan hapus file mencurigakan tersebut. Sekarang, buka command prompt, kemudian cari file dengan nama yang mencurigakan. Hapus file tersebut melalui CMD, sama seperti cara pertama.
  6. Selesai.

3. Gunakan Software Anti Vitus untuk Menghilangkan Virus di Laptop

Kedua cara di atas adalah cara menghilangkan virus di laptop secara manual, jika Anda repot atau masih bingung dengan kedua cara di atas maka anda dapat menggunakan cara ketiga ini yakni menggunakan software anti virus.

Terdapat beberapa pilihan software anti virus terbaik yang bisa anda gunakan, seperti Smadav, Avast, AVG, Avira, Norton, dan Kaspersky.

Gunakan salah satu anti virus tersebut yang anda anggap software anti virus terbaik, dan jangan lupa untuk melakukan update software anti virus secara rutin, yang terakhir lakukan scan virus secara rutin, minimal 1 (satu) minggu sekali.

Penggunaan software anti virus sebagai alat untuk menghilangkan virus di laptop, bisa dikatakan cukup simpel dan mudah, apalagi dengan menggunakan software anti virus secara otomatis sistem akan mendeteksi dan menghapusnya, tanpa harus manual.

4. Instal Ulang Solusi Paling Ampuh untuk Menghilangkan Virus di Laptop

Sebagai opsi terakhir Anda dapat melakukan instal ulang untuk menghapus virus di laptop secara menyeluruh. Install ulang dapat anda pilih jika infeksi virus yang terjadi pada windows telah sedemikian parah hingga software anti virus pun tidak dapat mengatasinya dengan baik.

Sebelum memutuskan untuk melakukan instal ulang laptop, pastikan bahwa anda telah membackup data-data penting dari laptop.

Silahkan terapkan cara menghilangkan virus di laptop yang menurut anda paling sesuai, semoga dengan menghapus virus yang ada, performa perangkat menjadi lebih meningkat.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar