5KOduV5cVO2xAgB03VPbXbK6EtDbqijKRJxfXFty

Trik Cara Mempercepat Shutdown Windows 10

Mempercepat Shutdown Windows 10
Ditemukan 4 (empat) cara untuk mempercepat shutdown pada Windows 10 sangat mudah sekali. Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya.

Apakah anda merasakan bahwa windows 10 pada saat shutdown membutuhkan waktu yang cukup lama? Jika iya, maka anda tidak sedang sendirian mengalami masalah shutdown windows 10 lama.

Hampir semua pengguna Windows 10 mengalami masalah shutdown yang memakan waktu yang lama. Oleh sebab itu, mari kita sama-sama memecahkan masalah shutdown windows 10 lama.

Kecepatan shutdown tergantung pada spesifikasi windows 10 anda. Shutdown di windows 10 untuk spesifikasi laptop atau komputer standar membutuhkan waktu kurang lebih 1 sampai 2 menit.

Cara Mempercepat Proses shutdown di Windows 10

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah shutdown windows 10 lama. Pada dasarnya anda cukup matikan semua program yang sedang berjalan, maka proses shutdown bakal menjadi lebih cepat. Berikut cara mempercepat shutdown windows 10:

1. End Task Semua Aplikasi di Task Manager

Task Manager berfungsi sebagai alat monitoring aplikasi yang sedang berjalan dan juga anda dapat menghentikanya dengan mudah, atau yang di sebut End Task.

Untuk memanfaatkan Task Manager dalam mempercepat proses shutdown Windows 10, anda cukup buka software Task Manager, lalu klik dibagian aplikasi yang sedang berjalan, lalu pilin End Task.

Alasan kenapa anda harus nonaktifkan data atau aplikasi yang sedang berjalan, karena jika tidak maka pada saat proses shutdown prosesor akan bekerja 2 kali dan itu akan memakan waktu yang lama.

Anda dapat menggunakan kombinasi CTRL + ALT + DEL kemudian masuk ke menu Process, kemudian End Task semua aplikasi yang sedang berjalan.

2. Atur Registry Service di Windows 10

Perlu anda ketahui, Windows 10 memiliki banyak fitur sistem yang berjalan, atau yang bisa disebut service. Oleh sebab itu anda perlu mengatur registry dari service windows 10.

Dengan mengatur registry dari service windows 10, maka akan membantu anda dalam proses shutdown windows 10 menjadi lebih cepat. Berikut cara mengatur registry service windows 10:
  1. Tekan kombinasi Windows + R.
  2. Kemudian ketik regedit dan klik OK atau Enter.
  3. Kemudian masuk ke direktori HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet
  4. Setelah itu buka folder Control, dan cari registry WaitToEndServiceTimeout.
  5. Jika sudah ubah value menjadi 1200.
  6. Selesai.
Info penting: Nilai value 1200 tersebut diartikan sebagai 12 detik, anda dapat mengatur sesuai keinginan anda, tapi rekomendasi jangan kurang dari 700.

3. Mengatur Registry Aplikasi

Dengan mengatur registry aplikasi lebih efektif dalam membantu proses shutdown windows 10 menjadi lebih cepat. Kenapa? Sebab dengan mengatur registry aplikasi, maka akan membatu proses close aplikasi lebih cepat.

Berikut cara mengatur registry aplikasi:
  1. Tekan kombinasi Windows + R.
  2. Kemudian ketik regedit dan klik OK atau Enter.
  3. Kemudian masuk ke direktori HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop
  4. Cari WaitToEndAppTimeout.
  5. Silakan ubah value menjadi 1200
  6. Kemudain klik kanan pada bagian kana
  7. Pilih New string value.
  8. Kemudian beri nama HungAppTimeout.
  9. Atur value dari registry tersebut menjadi 15000.
  10. Jika sudah, klik OK.
  11. Selanjutnya buat lagi registry baru sama seperti sebelumnya.
  12. Pilih New string value.
  13. Beri nama AutoEndTask.
  14. Untuk value atur menjadi 1.
  15. Kemudian klik OK.
  16. Selesai.

4. Gunakan SSD Untuk Meningkatkan Kinerja Laptop atau Komputer

Sebagai saran terakhir, anda bisa menggunakan SSD untuk membantu atau mempercepat kinerja laptop atau komputer anda. Sebab, SSD sangat berpengaruh bisa dikatan 2 kali lebih cepat di banding penyimpanan konvensional.

Dengan menggunakan SSD dijamin proses shutdown windows 10 anda akan menjadi sanga cepat.

Bagaimana apakah cara mempercepat shutdown windows 10 ini membantu anda? Jika iya, jangan lupa bagikan ke teman-teman anda, dan jangan lupa pergunakan cara ini dengan bijak.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar