5KOduV5cVO2xAgB03VPbXbK6EtDbqijKRJxfXFty

Cara Menabung Emas Beserta Keuntungan & Risikonya (Resmi)

Cara Menabung Emas
Ada dua pilihan untuk menabung emas yakni menabung emas batangan dan menabung emas online. Apa saja keuntungan, risiko dan tips menabung emas?

Emas adalah salah satu instrumen investasi dan lindung nilai sejak dulu. Jika pada zaman dahulu menabung emas dengan membeli emas batang maupun emas perhiasan dan menyimpan dalam brankas, namun saat ini bisa menabung emas secara digital.

Jika sedang menimbang-nimbang untuk menabung emas, bisa memilih alternatif cara menabung emas konvensional maupun modern. Berikut cara menabung emas batangan beserta keuntungan dan risikonya:
  1. Persiapkan uang dalam jumlah banyak. Karena akan membeli emas batangan, setidaknya harus menyiap uang seharga 1 gram emas. Jika melihat pada rata-rata nilai beli emas pada Mei 2020, maka uang yang harus disiapkan untuk membeli 1 gram emas batangan berkisar antara Rp 800 ribu hingga Rp 900 ribu.
  2. Memiliki tempat penyimpanan emas yang aman. Berencana menabung emas fisik, hal pertama yang harus disiapkan adalah tempat penyimpanan emas yang benar-benar aman.
    • Bisa menggunakan lemari besi/ brankas atau tempat penyimpanan rahasia.
    • Bisa juga dengan menyewa safe deposit box milik bank, namun ada biaya yang harus dikeluarkan.
  3. Membeli emas di toko emas atau online. Ketika syarat-syarat di atas telah terpenuhi, sekarang bisa langsung membeli emas batangan. Ada dua pilihan tempat untuk membeli emas yakni membeli emas batangan di toko emas atau membelinya di toko emas online miasalnya seperti Tokopedia.
Memang cukup rumit untuk menabung emas batangan, apalagi jika misal tidak memiliki tempat brankas yang benar-benar aman pasti akan sangat kacau. Tapi tenang, sekarang telah ada cara menabung emas online (digital). Berikut cara dan syarat menabung emas online:
  1. Buka rekening tabungan emas online Tokopedia. Untuk membuka rekening tabungan emas online tokopedia, cukup mengisi data diri, KTP dan foto pada aplikasi Tokopedia.
  2. Mengisi saldo digital Tokopedia (Top Up). Setelah memenuhi syarat di atas, langkah selanjutnya untuk menabung emas online adalah melakukan top up OVO sebagai dompet digital untuk digunakan sebagai alat transaksi di Tokopedia.
  3. Masukkan nominal dan bayar transaksi. Selanjutnya, akan diminta untuk memasukkan nominal transaksi yang langsung dikonversikan dengan emas sesuai nilai beli yang berlaku saat itu.
  4. Beli emas. Selanjutnya, bisa langsung membeli emas. Jumlah tabungan emas dan nilai jualnya bisa langsung di pantau pada aplikasi Tokopedia.
Sangat mudah sekali syarat dan cara menabung emas, untuk itu sekarang ketahui juga kelebihan dan kekurangan menabung emas batang dan menabung emas online. Berikut kelebihan dan kekurangan menabung emas batang:
  1. Bisa membawa pulang emas langsung. Setelah membeli emas batangan maupun perhiasan, bisa langsung membawa pulang emas dan menyimpannya. Beda dengan nabung emas online di mana nominal pembelian memang dikonversikan dengan emas fisik namun emas fisik tersebut dititipkan di Pegadaian.
  2. Tersedia Berbagai Pilihan Berat Emas. Terdapat berbagai pilihan berat emas sesuai kebutuhan mulai dari 5 gram, 10 gram, 20 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, hingga 1 kg.
    Selain itu bisa juga menentukan berapa keinginan berinvestasi emas dengan berat berapapun asal sesuai kemampuan membeli emas tersebut.
  3. Terdapat risiko sanga tinggi. Menabung emas batangan memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan nabung emas online. Sebab, emas batangan, terlebih yang bobotnya masih ringan, bisa saja hilang atau dicuri.
    Selain hilang, risiko yang bisa saja terjadi adalah mendapatkan emas palsu. Namun, risiko ini bisa dicegah dengan membeli emas pada penyedia emas batangan terpercaya. Berikut beberapa risiko menabung emas batang:
    • Emas batang tidak praktis. Salah satu kelemahan dari investasi emas yang paling bisa dirasakan adalah karena bentuk fisiknya yang kurang praktis, sehingga butuh tempat penyimpanan yang dilengkapi keamanan yang ekstra.
      Apalagi jika memiliki emas-emas batangan dalam jumlah yang begitu besar, dan pastinya butuh lebih dari sekedar brankas yang kecil.
    • Resiko kehilangan sangat tinggi. Karena bentuk fisik emas tak praktis dan membutuhkan tempat penyimpanan, maka hal ini membuat resiko kehilangan yang lebih tinggi.
      Selain itu, keadaan fisik emas yang mencolok juga dapat mengundang kejahatan, sehingga risiko kehilangan emas tentu bisa mudah dialami terutama bagi yang memilih jenis emas perhiasan dan sering digunakan.
    • Emas batang mudah di palsukan. Baik emas dalam bentuk batangan, perhiasan, koin, atau bentuk lainnya mudah dipalsukan sekarang ini. Karena itu, akan lebih baik kalau melakukan transaksi jual beli emas di tempat emas terpercaya.
Memang terdepat beberapa risiko yang cukup menghawatirkan ketika menabung emas batang. Namun, jika ingin mencoba menabung emas online sepertinya akan lebih aman. Berikut kelebihan dan kekurangan menabung emas online:
  1. Menabung emas online lebih aman. Sebab emas yang di beli tersimpan di brankas milik pegadaian. Pembeli juga tidak perlu khawatir dengan keaslian emas karena emas yang dibeli berasal dari lembaga terpercaya.
  2. Tidak memerlukan modal besar. Keuntungan selanjutnya dari nabung emas online adalah bisa dicicil sesuai kemampuan. Bahkan, di aplikasi Tokopedia bisa mulai menabung emas online dari Rp 5.000 saja.
  3. Bisa membeli dan mejual emas kapan saja. Menabung emas online juga lebih mudah saat menjual atau ingin menambah tabungan emas. Tanpa perlu ke luar rumah, bisa bertransaksi dan berinvestasi kapan saja dan di mana saja.
  4. Bisa cek harga emas kapan saja dan dimana saja. Melalui tabungan emas online, bisa mengecek harganya setiap hari. Dengan demikian, dapat mengurangi potensi kecurangan atau penipuan.
Setelah mengetahui cara dan syarat menabung emas serta kelebihan dan kekurangan menabung emas, sekarang saatnya untuk mengetahui tip-tips menabung emas. Berikut tips menabung emas untuk masa depan:
  1. Cari tahu harga emas terbaru. Coba lakukan survei terlebih dahulu untuk mengetahui harga emas saat ini. Kunjungi situs resmi Pengelolaan Emas Antam untuk mengetahui harga emas sekarang, dan lihat harga emas yang diinginkan.
  2. Sesuaikan dengan penghasilan. Harga yang ditawarkan bisa disesuaikan dengan dana dan pemasukan yang di miliki. Memilih pembelian tunai atau kredit dengan jangka waktu yang tak terlalu lama karena harganya akan semakin naik.
  3. Waspada Investasi emas bodong. Ada banyak pihak yang biasanya menawarkan investasi emas dengan keuntungan yang lumayan besar. Sebaiknya jangan mudah tertarik terlebih dulu, karena bisa saja hal ini merupakan salah satu tindak penipuan dari pihak tersebut.
    • Dengan keuntungan 2% per bulan tidak mungkin bagi sebuah perusahaan investasi, mengingat pertumbuhan harga emas setiap tahun hanya 20%. Akan jauh lebih aman kalau berinvestasi emas di tempat yang sudah terpercaya.
Memang menabung emas memiliki berbagai keuntungan dan resiko yang harus di perhatikan. Karena itu, mempersiapkan segala sesuatunya supaya terhindar dari kerugian hingga mendapatkan keuntungan lebih banyak dari tabungan emas.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar